Selasa, 11 Februari 2014

Penemuan Siput Tembus Pandang (Transparan)


Assalamu'alaikum sobat reader, sobat blogger, wah sudah lama banget nih saya nggak mampir ke gubug ini. Kendala cuaca sob, hhaha (apa hubungannya?). Oke setelah Gubug Sederhana :) ngasih artikel terakhir tentang Penemuan Planet Baru Seperti Neraka kalau nggak salah, kali ini ada peenemuan unik juga sob, yaitu Penemuan Siput Tembus Pandang (Transparan). Weh-weh aja-aja ada, *tebalik.

Bicara soal siput, sobat tau nggak sih berapa kecepatan siput berjalan? Kalau di film Turbo sih cepat, pake Nitro hhaha. Menurut penelitian, buat menempuh jarak 4 mm siput memerlukan waktu 1 detik. Tapi Siput Tembus Pandang ini termasuk siput terlamban dari siput yang biasanya.


Siput tembus pandang itu ditemukan di bawah tanah di gua Lukina Jama-Trojama, barat Kroasia oleh sebuah tim peneliti yang beranggotakan para penjelajah gua dan ahli Biologi dari Croation Biospeleological Society dalam ekspedisi menentukan kedalaman gua. Gua itu termasuk dalam 20 gua terdalam di dunia dengan kedalaman 914 meter sob.

Oleh tim, siput spesies Zospeum tholussum itu kemudian diberikan kepada ahli Taksonomi Alexander Weigand di Geothe-University, Frankfrut, Jerman untuk meneliti lebih dalam siput itu.

Siput tembus pandang itu tergolong dengan spesies lainnya yang sama yang berjalan sangat lamban.
"Siput ini hanya merayap beberapa milimeter atau sentimeter dalam sepekan, dan sering kali hanya berputar-putar di satu titik tempat mereka hidup".

Weigand menduga siput tersebut berpindah tempat menggunakan aliran air atau menempel di tubuh binatang gua lainnya untuk berpindah, seperti jangkrik atau kelelawar. Jadi selain keunikan dari cangkangnya yang transparan, siput itu juga sangat lamban geraknya alias lemot, hhaha.

Sekian artikel tentang Penemuan Siput Tembus Pandang di Blog Sederhana. Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan, atau sobat sudah pernah membaca artikel ini sebelumnya. Terima kasih telah mampir ke Gubug saya.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sruktur tubuhnya ga ada gan ??