Senin, 27 Januari 2014

Penemuan Planet Baru Menyerupai Neraka Dan Bumi

Assalamu`alaikum sobat reader, setelah artikel Blog Sederhana sebelumnya adalah Rumor Munculnya Windows 9 dan Stadion Terbesar Terapung kali ini saya hendak berbagi info tentang Penemuan Planet Baru Menyerupai Neraka Dan Bumi, weh-weh menakjubkan, masih ada aja planet-planet baru ya sob. planet ekstrasolar baru ini ditemukan oleh para Astronom. Planet itu

menyerupai Bumi sobat, tapi juga menyerupai neraka, karena terdapat seperti lahar panas di sekeliling planet itu.

Planet baru itu diberi nama Kepler 78b. Planet itu itemukan dengan bantuan wahana antariksa Kepler yang kini telah pensiun.

Astronom menemukan planet itu dengan menggunakan metode transit. Maksudnya, astronom mengamati adanya peredupan cahaya bintang saat ada planet yang melintas di mukanya sob.
Dengan cara ini, astronom juga bisa memperkirakan ukuran planet. Semakin besar peredupan, logikanya semakin besar pula ukuran planetnya.

Sementara itu, dengan mengobservasi goyangan bintang akibat pengaruh gravitasi planet, atau bahasa Jawa-nya Doppler shift, ilmuwan bisa memperkirakan massa suatu planet. hhaha

Penelitian mengungkap bahwa Kepler 78b memiliki ukuran 1,2 kali Bumi, massa 1,7 kali Bumi, dan massa jenis 5,3 g/cm^3. Massa jenis Bumi adalah 5,5 g/cm^3.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, astronom menyatakan bahwa Planet Kepler 78b mirip dengan Bumi, terdiri atas batu-batu dan besi.

Tapi ternyata, Kepler 78b terletak sangat dekat dengan bintangnya, planet itu mengorbit pada bintang induk dalam waktu kurang dari 12 jam.
Jarak planet yang sangat dekat dengan bintang membuat Kepler 78b "terkunci" oleh gravitasi bintangnya sendiri. Satu sisi planet selamanya mengalami siang, sementara sisi lain selamanya malam. wuih keren sob...
        Suhu di wilayah yang selamanya siang mencapai 2.000-2.800 derajat celsius sob...Maka planet baru itu bisa dikatakan menyerupai Neraka, dan sangat mustahil untuk adanya kehidupan.
Dalam suatu riset, Josh Winn dari Massachusetts Institute of Technology mengatakan, "Saya pikir cukup tepat untuk mengatakan bahwa permukaan di wilayah yang selamanya siang meleleh,"
Tapi di wilayah yang selamanya malam belum diketahui suhunya. Astronom juga belum mengetahui apakah lelehan permukaan di wilayah panas sampai ke wilayah ini.
       Diberitakan BBC, Rabu (30/10/2013), astronom menduga bahwa Kepler 78b dahulu terbentuk di wilayah yang jauh dari bintangnya, tetapi kemudian bermigrasi ke dalam.
Menurut astronom, planet ini nantinya cuma akan dilahap bintangnya. Peristiwa itu akan terjadi lebih kurang tiga miliar tahun lagi.

Dan...sekian artikel tentang Penemuan Planet Baru Menyerupai Neraka Dan Bumi di Blog Sederhana saya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat reader. Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan atau sobat sudah tau artikel ini sebelumnya. Terimakasih telah berkunjung.
Wassalamu`alikum wr. wb.

Sumber : http://sains.kompas.com

Tidak ada komentar: