Senin, 09 Desember 2013

Tips Pola Tidur Sehat


Assalamu'alaikum.
Selamat pagi semuanya, apakah tidur kalian nyenyak tadi malam?. Bicara soal 'Tidur', Setiap orang pasti membutuhkan istirahat yang cukup agar tubuh dan pikiran fresh kembali. Namun apakah kamar dan pola tidur kamu sudah sesuai dengan kebutuhan istirahat yang seharusnya?. Artilel "Tips
Pola Tidur Sehat" saya ini mungkin bisa membantu.

Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam. Namun waktu tidur tidak menjadi patokan. Selama kualitas tidur kamu itu baik, waktu lamanya tidur tidak terlalu dipedulilan. Berikut "Tips Pola Tidur Sehat" dari saya.

1. Hindari ornamen kamar tidur dari interior yang berwarna terang/ramai.

2.Usahakan kasur difungsikan hanya untuk tidur. Segala aktivitas seperti belajar atau menonton TV di tempat lain.

3. Cobalah menggantungkan jam dinding berlawanan arah pandang kamu.

4. Tetapkan waktu tidur kamu yang teratur. Jam tidur yang tak teratur dapat mengganggu jam biologis kamu. Jika pola itu telah kamu tanamkan, walaupun telat tidur kamu tidak akan bangun kesiangan.

5. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein atau zat stimulan lain. Kopi dan teh adalah minuman yang mengandung kafein, atau zat stimulan pada minuman ringan dan cokelat terbukti menjadi penyebab terganggunya pola tidur kamu. Hindari juga makan besar 2 jam sebelum tidur. Karena bisa membuat perut enggak enak saat berbaring.

6. Kalau susah tidur siang, sebaiknya tidak perlu. Tidur siang hanya memulihkan keletihan saja. Karena tidur siang menyebabkan susah tidur di malam hari.

7. Jika tetap belum bisa tidur nyenyak, jangan terus berbaring di atas kasur. Sebaiknya bangun dan lakukan aktifitas lain (tapi jangan di kasur lagi aktifitasnya) :D.

8. Hindari juga rokok dan minuman beralkohol 2 jam sebelum tidur. Minuman beralkohol mungkin membuat cepat tidur, tapi akibatnya sering terbangun di malam hari dan gangguan pikiran yang besar.

9. Tenangkan mental dan pikiran. Jangan terlalu banyak memikirkan utang eh, maksud saya jangan terlalu banyak memikirkan masalah *terutama utang* menjelang tidur, loh?.

Dan itulah Tips Pola Tidur Sehat dari saya. Semoga dapat membantu memperbaiki pola tidur kamu dan tidurmu nyenyak, bangun pun sehat. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau kamu sudah tau sebelumnya. Terima kasih telah berkunjung dan silahkan berkomentar (bukan spam).
Wassalamu'alaikum.

Tidak ada komentar: